Sabtu, 18 Desember 2010

RPP Produktif AP SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produktif  Adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  1-2
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Pengertian administrasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi


V. Materi Pokok/Uraian
1. Administrasi

VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi







VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





Ahmad syarifudin                                                                    Sa’diyah
NIP.
Top of Form








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi Adm. Perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  3-4 dan 5
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Pengertian administrasi dijelaskan dengan benar
2. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi

V. Materi Pokok/Uraian
1. Administrasi
2. Unsur-unsur administrasi

VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi







VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian administrasi
Jelaskan unsure-unsur administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?




Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





Ahmad syarifudin                                                                    Sa’diyah
NIP.
Top of Form






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi  adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  6,7 dan 8
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar
2. Pengertian organisasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian organisasi

V. Materi Pokok/Uraian
1. Unsur- unsur Administrasi
2. Organisasi


VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi



VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan unsure-unsur administrasi
Jelaskan pengertian organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan pengertian organisasi ?




Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat






A.   Syafrudin M.Pd                                                    Sa’diyah Waliyana








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi  adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  9, 10 dan  11,12
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar
2. Pengertian organisasi dijelaskan dengan benar
3. Unsur-unsur organisasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi
3.Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian organisasi

V. Materi Pokok/Uraian
1.  Unsur-unsur Administrasi
2.  Pengertian organisasi
3. Unsur-unsur organisasi





VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian organisasi
Jelaskan unsure-unsur organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan


3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan pengertian organisasi ?
4. Jelaskan unsure-unsur organisasi?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





A.   Syarifudin M.Pd                                                   Sa’diyah W




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produktif adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  13, 14  dan  15, 16
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Penggolongan administrasi
2. Pengertian administrasi perkantoran


IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengolongan administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian adm. Perkantoran




V. Materi Pokok/Uraian
1.Penggolongan  Administrasi
2. Pengertian administrasi perkantoran



VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian organisasi
Jelaskan unsure-unsur organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan


3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan Pengertian organisasi ?
3. Tuliskan penggolongan administrasi ?
4. Jelaskan pengertian administrasi perkantoran ?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat




A.   Syafrudin M.Pd                                                    Sa’diyah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar