Senin, 13 Desember 2010

Administrasi Perkantoran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
------------------------------------------------------------------------------
Nama Sekolah         : SMK  ASSALAMAH
Mata Pelajaran         :  Ketrampilan Dasar Komunikasi
Kelas                          :  X (sepuluh) / semester 1
Pertemuan                :  1 dan 2
Alokasi                       :  2 x 40 menit
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi           :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar   :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan pengertian komunikasi secara umum
2.    Menjelaskan perngertian komunikasi secara verbal dan non verbal
Materi Pembelajaran :
1.    Komunikasi menurut kamus besar bahasa Indonesia
2.    Komunikasi dalam penjualan atau bisnis terbagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu :
a.    Komunikasi verbal mencakup aspek : perbendaharaan kata, kecepatan berbicara, intonasi suara, humor, singkat dan jelas, waktu yg tepat
Contoh : mendengarkan : radio, berbicara langsung.  Berbicara : diskusi, Membaca buku, majalah. Menulis : membuat surat
b.    Komunikasi Non verbal dengan : ekspresi wajah, kontak mata, sentuhan, postur tubuh dengan gaya berjalan, suara, gerak isyarat memakai sesuatu seperti seragam
3.    Komunikasi intrapersonal merupakan awal timbulnya idea tau gagasan seseorang
Komunikasi interpersonal adalah proses yg dinamis  dalam saling tukar informasi dan merupakan dasar proses komunikasi antar manusia.
Komunikasi kelompok adalah proses komunikasi antara seseorang dengan kelompok.
Komunikasi massa (proses komunikasi dengan massa dapat dilakukan secara langsung)
4.    Komponen-komponen komunikasi yaitu : komunikator, enkode (proses pengantar pesan),  pesan/berita, Dekode ( proses penerimaan pesan), komunikan, tanggapan/respon
Kegiatan Pembelajaran :
Pendekatan  :  CTL (contextual Learning)/ pengetahuan kontekstual
Model             :  PBL (Problem based learning)/belajar berdasarkan masalah
Metode           : Praktek langsung
Langkah-langkah pembelajaran :
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Member salam dan memeriksa persiapan kelas
·         Guru menjelaskan arti komunikasi

10 menit
Kegiatan Inti
·         Guru membagi peserta didik  4 kelompok
·         Guru meberikan contoh dengan memanggil dua orang peserta didik  untuk melakukan komunikasi langsung
·         EKSPLORASI :
·         Meminta peserta didik untuk saling bertukar informasi
·         ELABORASI :
·         Guru menjelaskan kembali tentang tujuan komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari
·         Guru memanggil  dua orang peserta didik  setiap kelompoknya secara bergantian untuk melakukan komunikasi langsung
·         KONFIRMASI :
·         Guru memberikan penjelasan kembali tentang komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
55 menit
Kegiatan Penutup
·         Meminta beberapa peserta didik untuk memberikan kesimpulan tentang komunikasi
15 menit

Sumber/Media belajar :
Sumber Belajar        : LKS (ketrampilan dasar komunikasi )
Media belajar            :  -

Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi
·         Menjelaskan pengertian komunikasi kelompok
·         Peserta didik melakukan praktek komunikasi langsung

Tes tertulis







Tes tertulis




Tes unjuk kerja
Uraian







Uraian





Uraian
Jelaskan Pengertian Komunikasi !



Jelaskan Pengertian Komunikasi Kelompok !
Uji praktek




Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian :
1.     Tes tertulis

No
Kunci Jawaban

Bobot
Nilai
Ket
1
Komunikasi berasal dari bahasa Latin. Communication yaitu sama makna.  Maksudnya komunikasi terjadi jika org2 yg terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yg disampaikan.  Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita  antara dua orang atau lebih shg pesan yg dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak.
30


2
Komunikasi kelompok adalah proses komunikasi antara seseorang dgn kelompok. Misalnya kelompok belajar, kelompok diskusi, seminar
30


3
Dua orang peserta didik melakukan praktek langsung dalam berkomunikasi tentang penjelasan prilaku sendiri
40



Jumlah

100












MATERI  BAHAN  AJAR

JENIS-JENIS KOMUNIKASI

Standar komunikasi :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Peta kompetensi
Materi pokok

Indicator
Hasil belajar
Jenis-jenis komunikasi
·         Menjelaskan pengertian komunikasi secara umum
·         Menjelaskan pengertian komunikasi verbal dan nonverbal
·         Menjelaskan pengertian komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok dan massa
·         Menyebutkan komponen-komponen komunikasi
Siswa dapat menjelaskan komunikasi secara umum

Siswa dapat menjelaskan komunikasi verbal dan non verbal

Siswa dapat menjelaskan pengertian komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok dan massa

Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen komunikasi


Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin. Communication yaitu sama makna.  Maksudnya komunikasi terjadi jika orang-orang yg terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yg disampaikan.
            Menurut kamus besar bahasa Indonesia, komunikasi adalah :
1.     Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih shg pesan yg dimaksud dapat dipahami, hubungan. Kontak
2.    Perhubungan
Adapun tujuan penggunaan komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari menurut Hewitt (1981) sebagai berikut :
1.     Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2.    Mempengaruhi perilaku seseorang
3.    Mengungkapkan perasaan
4.    Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku oranglain
5.    Berhubungan dengan orang lain
6.    Menyelesaikan sebuah masalah
7.    Mencapai sebuah tujuan
8.    Menurunkan ketegangan dan menyelesaikan konflik
9.    Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain.
Pada dasarnya komunikasi dalam penjualan atau bisnis terbagi dua macam, yaitu :
1.     Komunikasi verbal (verbal communication)
Komunikasi verbal adalah salah satu cara komunikasi yang disampaikan kpd orang lain dalam bentuk tulisan atau lisan.  Komunikasi verbal mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
a.     Perbendaharaan kata
Komunikasi tdk akan efektif jika pesan disampaikan dengan kata-kata yg tdk dapat dimengerti.  Oleh karena itu olah kata menjadi sangat penting dalam berkomunikasi.
b.    Kecepatan bicara
Komunikasi akan lebih efektif dan sukses jika kecepatan bicara data di autr dengan baik, tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu lambat.
c.    Intonasi suara
Intonasi suara akan mempengaruhi pesan secara dramatic.  Pesan yg ingin disampaikan dalam komunikasi akan menjadi berbeda apabila dalam intonasi suara yg digunakan tidak tepat atau tidak proporsional.
d.    Humor
Humor  merupakan selingan dalam proses komunikasi. Adanya unsure humor akan meningkatkan rasa keakraban dan menghilangkan rasa kaku dalam komunikasi.
e.    Singkat dan jelas
Komunikasi yg efektif akan tercapai apabila pesan disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada inti permasalahannya.
f.     Waktu yang tepat
Komunikasi akan sukses apabila seseorang menyediakan waktu utk mendengarkan atau memperhatikan apa yang disampaikan oleh komunikator.

Contoh komunikasi verbal diantaranya :
a.     Mendengarkan:  radio, berbicara langsung
b.    Berbicara: diskusi, berbincang-bincang, wawancara, pidato
c.    Membaca: buku, majalah, surat kabar
d.    Menulis: membuat surat, membuat laporan
2.     Komunikasi non verbal (nonverbal communication)
Komunikasi non verbal adalah komunikasi dengan :
a.     Ekspresi wajah
Ekspresi wajah merupakan cerminan suasana emosi seseorang
b.    Kontak mata
Dengan melakukan kontak mata berarti orang tersebut menghargai laan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan, bukan sekadar mendengarkan
c.    Sentuhan
Beberapa saran seperti perhatian yang sungguh, dukungan emosional, kasih saying, atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan
d.    Postur tubuh dan gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk berdiri, dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.    Suara
Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yg dijadikan komunikasi
f.     Gerak isyarat
Gerak isyarat dalam komunikasi seperti mengetuk-ngetukkan kaki atau menggerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress, binggung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress
g.    Memakai sesuatu seperti seragam

Selain komunikasi verbal dan nonverbal ada juga yang mengklasifikasikan komunikasi secara umum menjadi :
1.     Komunikasi intrapersonal
Komunikasi ini merupakan awal timbulnya  idea tau gagasan seseorang.  Ide atau gagasan itu dapat berbentuk verbal atau non verbal, lisan atau tulisan, juga ada bentuk elektris seperti berpikir, berdoa, berbicara, menulis surat, mendengarkan radio dan sebagainya.  Proses komunikasi ini terjadi di dalam individu dan merupakan landasan untuk melakukan komunikasi antarpribadi.
2.    Komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah proses yg dinamis dalam saling tukar informasi dan merupakan dasar proses komunikasi antar manusia.  Proses komunikasi yg berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka atas percakapan dialog dan wawancara.  Pihak-pihak yg berkomunikasi mengirimkan dan menerima pesan secara spontan dan simultan.
3.    Komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok adalah proses komunikasi antara seseorang dgn kelompok.  Misalnya kelompok belajar, kelompok diskusi, seminar dll.
4.    Komunikasi massa
Proses komunikasi dengan massa dapat dilakukan secara langsung. Misalnya berpidato, berceramah dan member kata sambutan di muka umum. Ciri-ciri komunikasi massa adalah :
a.     Pesan bersifat terbuka
b.    Khalayak variatif
c.    Komunikasi biasanya berlangsung satu arah
d.    Umpan balik lambat (tertunda) dan sangat terbatas
e.    Sifat penyebaran pesan berlangsung secara cepat dan serempak sert luas.
Untuk dapat berkomunikasi seara baik maka diperlukan komponen-komponen komunikasi.  Kata “komponen” menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “Unsur” yang berarti bagian yang berperan dalam proses komunikasi.  Dalam komunikasi terdapat  beberapa komponen yang sangat berperan, yaitu :
1.    Komunikator yaitu sum ber pengirim berita
2.    Enkode adalah proses pengantar pesan
3.    Pesan atau berita atai ide yang disampaikan
4.    Decode adalah proses penerimaan pesan
5.    Komunikan yaitu orang menerima berita yang ditafsirkan melalui pendengaran, penglihatan
6.    Tanggapan/ respon (feedback)

                                            ………………………….  
Pilihlah satu jawaban yang Tepat!
1.     Istilah komunikasi yang berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti makna adalah : ……………
a.     Communicate                           d.  communication
b.    Communication                         e.  communitio
c.    communal
2.    Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan dapat dipahami, hubungan, kontak adalah pengertian komunikasi menurut ………………….
a.     Kamus Besar Bahasa Indonesia       d.  Dinamika komunikasi
b.    Kamus Webster                                     e.  kamus administrasi
c.    ensiklopedia
3.    komunikasi verbal yang bersifat mendengarkan melalui media misalnya …..
a.     pidato      b. melalui radio        c. melalui televisi   
d. bicara langsung      e. wawancara
4.    Komunikasi verbal dalam bentuk membaca misalnya ……………
a.    Wawancara         b. pidato         c. sms             d. menonton berita
e.belajar
5.    Gerakan  tubuh berupa gelengan kepala menunjukkan…..
a.     Rasa senang     b. sedih          c. gembira     d. marah        e. binggung


Pertanyaan :
1.     Di sebut apakah proses penerima pesan dalam unsur  komunikasi ?
2.     Tanggapan dan respon biasa disebut dengan istilah ?
3.     Jelaskan arti komunikasi menurut Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia?
4.    Sebutkan 3 (tiga) tujuan penggunaan komunikasi ?
5.    Komunikasi verbal dapat disampaikan kepada orang lain dalam bentuk ?
URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.     Jelaskan yang di maksud dengan komunikasi verbal ?
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan komunikasi massa ?
3.    Mengapa tanggapan terhadap pesan yang disampaikan sangat penting bagi komunikator ?


                     ……………………………………………



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
------------------------------------------------------------------------------
Nama Sekolah         : SMK  ASSALAMAH
Mata Pelajaran         :  Ketrampilan Dasar Komunikasi
Kelas                          :  X (sepuluh) / semester 1
Pertemuan                :  3,4 dan 5
Alokasi                       :  2 x 40 menit
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi           :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar   :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan pengertian komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok, dan massa
2.    Menyebutkan komponen-komponen komunikasi
Materi Pembelajaran :
           
Kegiatan Pembelajaran :
Pendekatan  :  CTL (contextual Learning)/ pengetahuan kontekstual
Model             :  PBL (Problem based learning)/belajar berdasarkan masalah
Metode           : Praktek langsung



Langkah-langkah pembelajaran :
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Member salam dan memeriksa persiapan kelas
·         Guru menjelaskan arti komunikasi

10 menit
Kegiatan Inti
·         Guru membagi peserta didik  4 kelompok
·         Guru meberikan contoh dengan memanggil dua orang peserta didik  untuk melakukan komunikasi langsung
·         EKSPLORASI :
·         Meminta peserta didik untuk saling bertukar informasi
·         ELABORASI :
·         Guru menjelaskan kembali tentang tujuan komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari
·         Guru memanggil  dua orang peserta didik  setiap kelompoknya secara bergantian untuk melakukan komunikasi langsung
·         KONFIRMASI :
·         Guru memberikan penjelasan kembali tentang komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
55 menit
Kegiatan Penutup
·         Meminta beberapa peserta didik untuk memberikan kesimpulan tentang komunikasi
15 menit

Sumber/Media belajar :
Sumber Belajar        : LKS (ketrampilan dasar komunikasi )
Media belajar            :  -

Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi
·         Menjelaskan pengertian komunikasi kelompok
·         Peserta didik melakukan praktek komunikasi langsung

Tes tertulis




Tes tertulis



Tes unjuk kerja
Uraian




Uraian



Uraian
Jelaskan Pengertian Komunikasi !


Jelaskan Pengertian Komunikasi Kelompok !
Uji praktek


Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian :
2.     Tes tertulis

No
Kunci Jawaban
Bobot
Nilai
Ket
1
Komunikasi berasal dari bahasa Latin. Communication yaitu sama makna.  Maksudnya komunikasi terjadi jika org2 yg terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yg disampaikan.  Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita  antara dua orang atau lebih shg pesan yg dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak.
30


2
Komunikasi kelompok adalah proses komunikasi antara seseorang dgn kelompok. Misalnya kelompok belajar, kelompok diskusi, seminar
30


3
Dua orang peserta didik melakukan praktek langsung dalam berkomunikasi tentang penjelasan prilaku sendiri
40



Jumlah
100






MATERI  BAHAN  AJAR

JENIS-JENIS KOMUNIKASI

Standar komunikasi :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Peta kompetensi
Materi pokok
Indicator
Hasil belajar
Jenis-jenis komunikasi
·         Menjelaskan pengertian komunikasi secara umum
·         Menjelaskan pengertian komunikasi verbal dan nonverbal
·         Menjelaskan pengertian komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok dan massa
·         Menyebutkan komponen-komponen komunikasi
Siswa dapat menjelaskan komunikasi secara umum

Siswa dapat menjelaskan komunikasi verbal dan non verbal

Siswa dapat menjelaskan pengertian komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok dan massa

Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen komunikasi








Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin. Communication yaitu sama makna.  Maksudnya komunikasi terjadi jika orang-orang yg terlibat ada kesamaan makna mengenai sesuatu yg disampaikan.
            Menurut kamus besar bahasa Indonesia, komunikasi adalah :
3.     Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih shg pesan yg dimaksud dapat dipahami, hubungan. Kontak
4.    Perhubungan
Adapun tujuan penggunaan komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari menurut Hewitt (1981) sebagai berikut :
10.  Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
11. Mempengaruhi perilaku seseorang
12. Mengungkapkan perasaan
13. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku oranglain
14. Berhubungan dengan orang lain
15. Menyelesaikan sebuah masalah
16. Mencapai sebuah tujuan
17. Menurunkan ketegangan dan menyelesaikan konflik
18. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain.
Pada dasarnya komunikasi dalam penjualan atau bisnis terbagi dua macam, yaitu :
3.     Komunikasi verbal (verbal communication)
Komunikasi verbal adalah salah satu cara komunikasi yang disampaikan kpd orang lain dalam bentuk tulisan atau lisan.  Komunikasi verbal mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
g.     Perbendaharaan kata
Komunikasi tdk akan efektif jika pesan disampaikan dengan kata-kata yg tdk dapat dimengerti.  Oleh karena itu olah kata menjadi sangat penting dalam berkomunikasi.
h.    Kecepatan bicara
Komunikasi akan lebih efektif dan sukses jika kecepatan bicara data di autr dengan baik, tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu lambat.
i.      Intonasi suara
Intonasi suara akan mempengaruhi pesan secara dramatic.  Pesan yg ingin disampaikan dalam komunikasi akan menjadi berbeda apabila dalam intonasi suara yg digunakan tidak tepat atau tidak proporsional.
j.      Humor
Humor  merupakan selingan dalam proses komunikasi. Adanya unsure humor akan meningkatkan rasa keakraban dan menghilangkan rasa kaku dalam komunikasi.
k.    Singkat dan jelas
Komunikasi yg efektif akan tercapai apabila pesan disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada inti permasalahannya.
l.      Waktu yang tepat
Komunikasi akan sukses apabila seseorang menyediakan waktu utk mendengarkan atau memperhatikan apa yang disampaikan oleh komunikator.

Contoh komunikasi verbal diantaranya :
e.     Mendengarkan:  radio, berbicara langsung
f.     Berbicara: diskusi, berbincang-bincang, wawancara, pidato
g.    Membaca: buku, majalah, surat kabar
h.    Menulis: membuat surat, membuat laporan
4.     Komunikasi non verbal (nonverbal communication)
Komunikasi non verbal adalah komunikasi dengan :
h.     Ekspresi wajah
Ekspresi wajah merupakan cerminan suasana emosi seseorang
i.      Kontak mata
Dengan melakukan kontak mata berarti orang tersebut menghargai laan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan, bukan sekadar mendengarkan
j.      Sentuhan
Beberapa saran seperti perhatian yang sungguh, dukungan emosional, kasih saying, atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan
k.    Postur tubuh dan gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk berdiri, dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
l.      Suara
Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yg dijadikan komunikasi
m.  Gerak isyarat
Gerak isyarat dalam komunikasi seperti mengetuk-ngetukkan kaki atau menggerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress, binggung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress
n.    Memakai sesuatu seperti seragam

Selain komunikasi verbal dan nonverbal ada juga yang mengklasifikasikan komunikasi secara umum menjadi :
5.     Komunikasi intrapersonal
Komunikasi ini merupakan awal timbulnya  idea tau gagasan seseorang.  Ide atau gagasan itu dapat berbentuk verbal atau non verbal, lisan atau tulisan, juga ada bentuk elektris seperti berpikir, berdoa, berbicara, menulis surat, mendengarkan radio dan sebagainya.  Proses komunikasi ini terjadi di dalam individu dan merupakan landasan untuk melakukan komunikasi antarpribadi.
6.    Komunikasi interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah proses yg dinamis dalam saling tukar informasi dan merupakan dasar proses komunikasi antar manusia.  Proses komunikasi yg berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka atas percakapan dialog dan wawancara.  Pihak-pihak yg berkomunikasi mengirimkan dan menerima pesan secara spontan dan simultan.
7.    Komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok adalah proses komunikasi antara seseorang dgn kelompok.  Misalnya kelompok belajar, kelompok diskusi, seminar dll.
8.    Komunikasi massa
Proses komunikasi dengan massa dapat dilakukan secara langsung. Misalnya berpidato, berceramah dan member kata sambutan di muka umum. Ciri-ciri komunikasi massa adalah :
f.      Pesan bersifat terbuka
g.    Khalayak variatif
h.    Komunikasi biasanya berlangsung satu arah
i.      Umpan balik lambat (tertunda) dan sangat terbatas
j.      Sifat penyebaran pesan berlangsung secara cepat dan serempak sert luas.
Untuk dapat berkomunikasi seara baik maka diperlukan komponen-komponen komunikasi.  Kata “komponen” menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “Unsur” yang berarti bagian yang berperan dalam proses komunikasi.  Dalam komunikasi terdapat  beberapa komponen yang sangat berperan, yaitu :
7.    Komunikator yaitu sum ber pengirim berita
8.    Enkode adalah proses pengantar pesan
9.    Pesan atau berita atai ide yang disampaikan
10. Decode adalah proses penerimaan pesan
11. Komunikan yaitu orang menerima berita yang ditafsirkan melalui pendengaran, penglihatan
12. Tanggapan/ respon (feedback)

                                            ………………………….  
Pilihlah satu jawaban yang Tepat!
6.     Istilah komunikasi yang berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti makna adalah : ……………
d.     Communicate                           d.  communication
e.    Communication                         e.  communitio
f.     communal
7.    Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan dapat dipahami, hubungan, kontak adalah pengertian komunikasi menurut ………………….
d.     Kamus Besar Bahasa Indonesia       d.  Dinamika komunikasi
e.    Kamus Webster                                     e.  kamus administrasi
f.     ensiklopedia
8.    komunikasi verbal yang bersifat mendengarkan melalui media misalnya …..
b.     pidato      b. melalui radio        c. melalui televisi   
d. bicara langsung      e. wawancara
9.    Komunikasi verbal dalam bentuk membaca misalnya ……………
b.    Wawancara         b. pidato         c. sms             d. menonton berita
e.belajar
10. Gerakan  tubuh berupa gelengan kepala menunjukkan…..
b.     Rasa senang     b. sedih          c. gembira     d. marah        e. binggung


Pertanyaan :
6.     Di sebut apakah proses penerima pesan dalam unsur  komunikasi ?
7.     Tanggapan dan respon biasa disebut dengan istilah ?
8.     Jelaskan arti komunikasi menurut Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia?
9.    Sebutkan 3 (tiga) tujuan penggunaan komunikasi ?
10. Komunikasi verbal dapat disampaikan kepada orang lain dalam bentuk ?
URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1.     Jelaskan yang di maksud dengan komunikasi verbal ?
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan komunikasi massa ?
3.    Mengapa tanggapan terhadap pesan yang disampaikan sangat penting bagi komunikator ?


                     ……………………………………………




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
------------------------------------------------------------------------------
Nama Sekolah         : SMK  ASSALAMAH
Mata Pelajaran         :  Ketrampilan Dasar Komunikasi
Kelas                          :  X (sepuluh) / semester 1
Pertemuan                :  3 pertemuan
Alokasi                       :  2 x 40 menit
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi           :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar   :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan kegunaan lambang dalam proses komunikasi
2.    Menyebutkan jenis-jenis lambang yang digunakan dalam proses komunikasi
3.    Menyebutkan ciri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi
4.    Menjelaskan fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan
5.    Menyebutkan macam-macam media komunikasi.

Materi pembelajaran :
1.     Menggunakan lambang dalam proses komunikasi
2.    Jenis-jenis lambang yang digunakan dalam komunikasi
3.    Ciri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi
4.    Fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan
5.    Menyebutkan macam-macam media komunikasi
Kegiatan pembelajaran :
Pendekatan : CTL (contextual Learning)
Model             : PBL (problem based learning
Metode           : praktek langsung
Langkah – langkah Pembelajaran :
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Memberi salam dan memeriksa persiapan kelas
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai
10 menit
Kegiatan Inti
EKSPLORASI :
·         Meminta peserta didik untuk membaca dan memahami  jenis-jenis lambang yang diperlukan dan dipergunakan dalam proses komunikasi
ELABORASI :
·         Meminta peserta didik untuk memberikan contoh jenis-jenis lambang yang diperlukan dan dipergunakan dalam proses komunikasi
KONFIRMASI :
·         Guru   menjelaskan kembali kegunaan lambang dalam proses komunikasi
55 menit
Kegiatan Penutup
·         Meminta peserta didik untuk menyimpulkan tentang lambang komunikasi
15 menit

Sumber/media belajar :
Sumber belajar : LKS
Media                : Lambang- lambang komunikasi
Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan lambang dalam proses komunikasi
·         Menyebutkan jenis-jenis lambang yang digunakan dalam proses komunikasi
·         Menyebutkan ciri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi
·         Menjelaskan fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan
·         Menyebutkan macam-macam media komunikasi
Tes tertulis




Tes tertulis



Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis
Uraian




Uraian



Uraian



Uraian




Uraian
Jelaskan kegunaan lambang dalam proses komunikasi!


Sebutkan jenis-jenis lambang yang digunakan dalam proses komunikasi!
Sebutkan cirri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi!
Jelaskan fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan!
Sebutkan macam-macam media komunikasi!

Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Bobot
Nilai
Ket
1.
Kegunaan lambang dalam proses komunikasi adalah sebagai alat utk memengaruhi komunikan, sbg alat utk menjadikan seseorang menjadi paham akan pesan yang di sampaikan, sbg alat utk menjadikan pengertian thd pesan-pesan yang disampaikan, sbg alat utk penghubung komunikator dgn komunikan, sbg alat utk mencapai tujuan komunikasi
20


2.
Jenis-jenis lambang yang diperlukan dan digunakan di dalam proses komunikasi adalah lambang gerak, lambang suara, lambang warna, lambang gambar, lambang bahasa, lambang huruf, lambang angka
20


3.
Ciri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi adalah : lambang dibuat oleh manusia, lambing memiliki nilai komunikasi hanya apabila sebelum kegiatan komunikasi diadakan, komunikator dan komunikan telah mengerti arti lambang yg dipakai.  Lambang yg dimaksud utk mengadakan suatu situasi baru, harapkan bahwa komunikator maupun komunikan akan mempunyai kepentingan bersama
20


4
fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian  isi pernyataan adalah : mengefektifkan proses penyampaian isi pernyataan, mempermudah penyampaian informasi, mengkonkretkan isi pernyataan yg sifatnya abstrak, memperjelas isi pernyataan dan maksud informasi, untuk membangkitkan motivasi.
20


5.
Media komunikasi dapat dibedakan menjadi 3 macam : 1.  Media pendengaran dapat didengar melalui telinga, dan 2. Media penglihatan dapat dilihat melalui mata. 3. Media pendengaran dan penglihatan adalah media yg dapat dilihat dan didengar.
20



Jumlah
100




TUGAS MANDIRI
Amatilah berbagai lambing komunikasi yang kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu.  Kemudian golongkan mana yang termasuk lambing verbal dan nonverbal.
No
Lambang verbal
Lambang non verbal
1.
2.
3.
………………………………..
……………………………….
……………………………….
………………………….
………………………….
………………………….





PENILAIAN TUGAS MANDIRI
Nama             :
Penilaian       :
No.
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
Ket

Kejelasan jawaban :
·          lambang verbal
·         Lambing non verbal

50
50



Jumlah
100



Nilai = Jumlah skor perolehan

Depok,……………….2010
Guru bidang diklat,

Sa’diyah waliyana

MATERI BAHAN AJAR
Standar Kompetensi :
            Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi dasar :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Peta kompetensi :
Materi Pokok
Indikator
Hasil Belajar
Lambang dan Media Komunikasi
·         Menjelaskan kegunaan lambang dalam proses komunikasi
·         Menyebutkan jenis-jenis lambang yang digunakan dalam proses komunikasi
·         Menyebutkan cirri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi
·         Menjelaskan fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan
·         Menyebutkan macam-macam media komunikasi
Siswa dapat menjelaskan kegunaan lambang dalam proses komunikasi

Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis lambang yang digunakan dalam proses komunikasi
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lambang yang digunakan dalam komunikasi
Siswa dapat menjelaskan fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian pernyataan

Siswa dapat menyebutkan macam-macam media komunikasi


1.     Lambang komunikasi
Menurut kamus umum besar bahasa Indonesia, lambing adalah sesuatu seperti tanda (lukisan, perkataan, lencana, dsb). Yg menyatakan sesuatu hal atau mengandungmaksud tertentu.  Menurut bahasa inggris lambang adalah symbol yang artinya rumusan tanda pengenal yang tetap berupa perkataan, gambar maupun tanda lainnya.  Menurut ensiklopedi Indonesia, lambang adalah suatu tanda atas dasar kesepakatan atau persetujuan bersama (meliputi juga semboyan dan kata-kata sandi) serta berbagai tanda umumnya.  Seperti itulah bahwa komunikasi adalah proses penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian dari komunikator untuk kounikan.  Dengan kata lain lambang adalah tanda-tanda yang dipakai untuk menyampaikan pesan di dalam proses komunikasi.
A dapun kegunaan lambang dalam proses komunikasi adalah sebagai berikut:
a.     Lambang adalah alat utk memengaruhi komunikan
b.    Lambang adalah alat utk menjadikan seseorang menjadi paham akan pesan yang disampaikan
c.    Lambang adalah alat utk menjadikan pengertian terhadap pesan-pesan yg disampaikan.
d.    Lambang adalah alat utk penghubung komunikator dgn komunikan
e.    Lambang adalah alat utk mencapai suatu tujuan komunikasi.
Jenis-jenis lambang yang diperlukan dan dipergunakan di dalam proses komunikasi diantaranya :
a.    Lambang gerak adalah lambang yg menggunakan gerakan-gerakan anggota badan, misalnya muka merah tandanya sedang malu atau marah, menggelengkan kepala itu tandanya tidak setuju, mengangkat telunjuk tangan yang didekatkan dgn mulut tandanya jangan rebut, tangan menggapai itu sebagai tanda memanggil seseorang dsb.
b.    Lambang suara adalah lambang yg menggunakan pendengaran (telinga) misalnya mendengarkan radio, sirene, lonceng, berteriak, menangis dsb.
c.    Lambang warna adalah lambang yang menggunakan warna misalnya lampu merah dalam lalu lintas diperempatan jalan raya merupakan tanda berhenti bagi semua kendaraan, warna hijau tanda semua kendaraan boleh berjalan dsb.
d.    Lambang gambar adalah lambang yang menggunakan gambar-gambar misalnya iklan dalam majalah atau surat kabar selalu menggunkan gambar-gambar yg sangat menarik, rambu2 lalu lintas di jalan raya pada umumnya menggunakan gambar2.
e.    Lambang huruf adalah  lambang yg menggunakan huruf, misalnya jika akan menyampaikan pesan melalui surat, biasanya menggunakan huruf-huruf atau abjad.
f.     Lambang bahasa adalah lambang yang menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan
g.    Lambang angka adalah lambang yg menggunakan angka-angka misalnya alat-alat menghitung, kode2 telepon
Lambang-lambang dalam komunikasi menurut Franklin fearing mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
a.    Lambang dibuat oleh manusia
b.    Lambang memiliki nilai komunikasi hanya apabila sebelum kegiatan komunikasi diadakan, komunikator dan komunikan telah mengerti arti lambang yg dipakai
c.    Lambang yg dipergunakan dgn maksud utk mengadakan suatu situasi baru, diharapkan bahwa komunikator maupun komunikan akam mempunyai kepentingan bersama.
Media komunikasi adalah sarana/alat yg digunakan utk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain.  Fungsi media komunikasi dalam proses penyampaian isi pernyataan adalah :
a.     Mengefektifkan proses penyampaian isi pernyataan
b.    Mempermudah penyampaian informasi
c.    Mengkonkretkan isi pernyataan yg sifatnya abstrak
d.    Memperjelas isi pernyataan dan maksud informasi
e.    Utk membangkitkan motivasi
Media komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a.     Media pendengaran (audio), contohnya kaset, radio, telepon
b.    Media penglihatan, dapat melalui mata, contohnya surat, poster, spanduk
c.    Media pendengaran dan penglihatan adalah media yg dapat dilihat dan didengar. Contohnya televise, film dll.

PENILAIAN
I.              Pilihlah satu jawaban yg tepat !
1.     Lambang adalah suatu seperti tanda yang menyatakan sesuatu hal yg mengandung maksud tertentu, adalah pengertian lambang menurut ….
a.    Symbol
b.    Kamus bahasa Indonesia
c.    Kamus bahasa Inggris
d.    Ensiklopedi Indonesia
e.    Ensiklopedi Inggris
2.    Menurut ensiklopedia Indonesia, lambang adalah suatu tanda atas dasar menurut ……….
a.     Kesepakatan atau persetujuan bersama
b.    Ketentuan umum
c.    Kebiasaan sehari-hari
d.    Kebiasaan turun temurun
e.    Undang-undang yang berlaku
3.    Lambang gerak atau isyarat pada manusia, misalnya mukanya merah menandakan ……….
a.    Senang    b. sedih          c. gembira     d. malu           e. santai
4.    Tangan yg melambai-lambai menandakan……….
a.    Tidak setuju        b. setuju         c. memanggil seseorang d. menolak
b.    Suka cita
5.    Berteriak, menangis, lonceng merupakan jens lambang………..
a.    Bahasa    b. tulisan        c. suara          d. verbal         e. nonverbal
6.    Jika akan menyampaikan berita melalui surat, biasanya menggunakan lambang…………
a.    Nada        b. irama          c. suara          d. huruf          e. angka
7.    Lambang yg digunakan dalam berkomunikasi sebaiknya……….
a.    Dibuat sederhana         
b.    Dengan gaya yg up to date
c.    Mampu menerjemahkan pesan
d.    Mampu mewakili dan sebagai alat penghubung
e.    Kaya akan warna imajinasi
8.    Bila lampu lalu lintas menunjuk warna kuning maka pengendara biasanya………
a.    Melaju dengan kencang
b.    Siap-siap
c.    Berhenti
d.    Berjalan
e.    Pelan-pelan
9.    Di jalan raya lampu lalu lintas menggunakan lambang………..
a.    Suara       b. sinyal         c. warna         d. tulisan        e. gambar
10. Penggunaan lambang akan efektif apabila pihak pelaku komunikasi mempergunakan lambang yang …..
a.    Saling dipahami satu sama lain
b.    Sesuai dengan pesan yang disampaikan
c.    Sesuai dengan perkembangan zaman
d.    Sesuai situasi dan kondisi
e.    Mendukung proses komunikasi
Pertanyaan !
1.    Menurut bahasa Inggris, lambang adalah ………
2.    Sebutkan 3 (tiga) fungsi media komunikasi ? ……….
3.    Sebutkan 3 (tiga) jenis-jenis lambang yg dipergunakan dalam proses komunikasi?
4.    Sebutkan 3 (tiga) cirri-ciri komunikasi?
5.    Contoh lambang suara……………
URAIAN !
1.    Apa yang dimaksud dengan lambang angka dan berikan contohnya ?
2.    Jelaskan arti media komunikasi umum ?
3.    Apa yang dimaksud dengan media …………
4.    Apa arti lambang suara ………..
5.    Jelaskan yang dimaksud dengan media komunikasi massa ?

                                        ……………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
------------------------------------------------------------------------------
Nama Sekolah         : SMK  ASSALAMAH
Mata Pelajaran         :  Ketrampilan Dasar Komunikasi
Kelas                          :  X (sepuluh) / semester 1
Pertemuan                :  3 pertemuan
Alokasi                       :  2 x 40 menit
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi           :
 Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar   :
            Identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, peserta didik dapat :
1.     Menggambarkan bagan proses komunikasi
2.    Menjelaskan langkah-langkah proses komunikasi
3.    Menjelaskan proses komunikasi dua arah dan ke segala arah komunikasi
4.    Menjelaskan proses komunikasi secara langsung dan komunikasi yang menggunakan media
5.    Mengidentifikasi efek yang timbul ketika komunikasi berlangsung.

Materi pembelajaran :
1.    Bagan proses komunikasi
2.    Langkah-langkah proses komunikasi
3.    Proses komunikasi dua arah dan ke segala arah
4.    Proses komunikasi secara langsung dan komunikasi yang menggunakan media
5.    Efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung

Kegiatan pembelajaran :
Pendekatan : CTL (contextual Learning)
Model             : PBL (problem based learning
Metode           : praktek langsung
Langkah – langkah Pembelajaran :
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Memberi salam dan memeriksa persiapan kelas
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai
10 menit
Kegiatan Inti
EKSPLORASI :
·         Meminta peserta didik untuk membaca dan memahamiproses komunikasi
ELABORASI :
·         Meminta peserta didik untuk membuat bagan proses komunikasi
KONFIRMASI :
·         Guru   menjelaskan kembali proses komunikasi
55 menit
Kegiatan Penutup
·         Meminta peserta didik untuk menyimpulkan tentang proses komunikasi
15 menit

Sumber/media belajar :
Sumber belajar : LKS
Media                : bagan proses komunikasi
Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Peserta didik dapat menggambarkan bagan proses komunikasi
·         Menjelaskan langkah-langkah proses komunikasi
·         Menjelaskan proses komunikasi secara langsung dan komunikasi yang menggunakan media
·         Mengidentifikasi efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung
Tes tertulis



Tes tertulis


Ter tertulis





Tes tertulis
Uraian



Uraian


Uraian





uraian
Gambarkan bagan proses komunikasi


Jelaskan langkah-langkah proses komunikasi
Jelaskan komunikasi secara langsung dan komunikasi yang menggunakan media
Identifikasi efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung

Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian :
No
Kunci Jawaban
Bobot
Nilai
Ket
1.

20


2.
Langkah-langkah proses komunikasi :
1.    Pengirim yg menjadi sumber pesan
2.    Ide/isi pernyataan yg akan dikomunikasikan ini di enkode kmd mjd lambang dan tanda-tanda
3.    Lambang di salurkan melalui suatu media
4.    Penerima mengadakan decode thd lambang-lambang dgn memberik arti atau makna
5.    Setiap komunikasi hrs mempunyai tujuan
6.    Jika pengirim dan penerima mempunyai tingkat pengalaman yg sama akan lebih baik krn sama-sama mengerti maksud pengirim pesan
7.    Hasil komunikasi dapat dilihat dari reaksi balikan utk dapat melihat apakah pesan itu sdh dapat dimengerti.
20


3.
Keterangan:
Komunikasi yang terjadi antara top manager dengan para manajer atau hubungan antara manajer dengan manajer atau hubungan antara manajer  dengan para bawahannya. Komunikasi ini bersifat perintah, laporan dan keterangan.
20


4.
Proses komunikasi menggunakan media adalah sebagai berikut :
1.    Proses komunikasi secara langsung (tatap muka). Komunikasi ini dilakukan secara langsung berhadap-hadapan sehingga komunikator dapat langsung melihat reaksi dari komunikan.
2.    Proses komunikasi menggunakan media ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara tidak langsung karena menggunakan media atau sarana utk meneruskan suatu pesan kepada komunikan yg jauh tempatnya atau banyak jumlah komunikannya.
20


5.
Efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung ada 3 (tiga) macam, yaitu : efek kognitif, pesan yg disampaikan menyebabkan komunikan mjd mengerti. Efek afektif, pesan yg disampaikan komunikator tdk hanya menjadikan komunikan tahu, namun membuat komunikan tergerak hatinya sehingga menimbulkan perasaan tertentu seperti marah, kecewa, gembira, terharu dll. Efek behavioral, pesan yg disampaikan kpd komunikan selain menjadi tahu dan tergerak hatinya, akhirnya komunikan melakukan suatu tindakan.
20




100



MATERI PELAJARAN
Standar kompetensi : Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
Kompetensi dasar : identifikasi proses komunikasi di tempat kerja
Peta kompetensi :
Materi Pokok
Indikator
Hasil belajar
Proses Komunikasi
·         Menggambarkan bagan proses komunikasi
·         Menjelaskan langkah-langkah proses komunikasi
·         Menjelaskan proses komunikasi dua arah dank e segala arah
·         Menjelaskan proses komunikasi secara langsung dan komunikasi yg menggunakan media
·         Mengidentifikasi efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung
Siswa dapat menggambarkan bagan proses komunikasi
Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah proses komunikasi
Siswa dapat menjelaskan proses komunikasi dua arah dan ke segala arah
Siswa dapat menjelaskan proses komunikasi secara langsung dan komunikasi yg menggunakan media
Siswa dapat menidentifikasi efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung.

Komunikasi merupakan proses penyampaian ide dan berita ke suatu tujuan serta menimbulkan reaksi umpan balik.  Ide yg disampaikan merupakan suatu lambang.   Komunikasi terjadi bila unsure-unsur komunikasi melakukan proses komunikasi.  Proses komunikasi adalah berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan dan komunikator.
Langkah-langkah proses komunikasi :
1.     Pengirim yg menjadi sumber pesan.  Pengirim pesan adalah orang yg mempunyai ide utk di sampaikan kepada seseorg dgn harapan dapat dipahami oleh orang yg menerima pesan sesuai dgn yg dimaksud.
2.    Ide/isi pernyataan yg akan dikomunikasikan ini dienkode kmd menjadi lambang dan tanda-tanda.
3.    Lambang disalurkan melalui suatu media.
4.    Penerima mengadakan decode terhadap lambang-lambang dgn member arti atau makna.
5.    Setiap komunikasi harus mempunyai tujuan
6.    Jika pengirim dan penerima mempunyai tingkat pengalaman yg sama akan lebih baik karena sama-sama mengerti maksud pengirim pesan.
7.    Hasil komunikasi dapat dilihat dari reaksi balikan, utk dapat melihat apakah pesan itu sudah dapat dimengerti.
Selain itu komunikasi apabila ditinjau dari penggunaan media adalah sebagai berikut ;
1.     Proses komunikasi secara langsung, komunikasi ini dilakukan secara langsung berhdp-hadapan shg komunikator dapat langsung melihat reaksi dari komunikan.
2.    Proses komunikasi menggunakan media ialah komunikator dengan komunikan berkomunikasi secara tdk langsung karena media atau sarana utk meneruskan suatu pesan kpd komunikan yg jauh tempatnya atau banyak jumlah komunikannya.
Efek yg timbul ketika komunikasi berlangsung ada tiga macam yaitu :
1.    Efek kognitif, pesan yg disampaikan menyebabkan komunikan menjadi mengerti atau tahu.
2.    Efek afektif, pesan yg disampaikan komunikator tdk hanya menjadikan komunikan tahu, namun membuat komunikan tergerak hatinya, shg menimbulkan perasaan tertentu seperti marah, kecewa, gembira dll
3.    Efek behavioral, pesan yang disampaikan kepada komunikan selain menjadi tahu dan tergerak hatinya, akhirnya komunikan melakukan suatu tindakan.
Tehnik-tehnik komunikasi yang efektif di dalam perusahaan, diantaranya :
1.    Prinsip motivasi adalah prinsip member dorongan untuk membangkitkan minat berkomunikasi dengan seseorang, kelompok dan masyarakat pada umumnya.
2.    Prinsip perhatian adalah pemusatan pikiran pada satu masalah atau objek tertentu.
3.    Prinsip keindraan, komunikasi akan lebih efektif dan mudah ditangkap serta dimengerti jika pimpinan perusahaan berkomunikasi dgn menggunakan alat-alat bantu atau alat-alat peraga.
4.    Prinsip pengertian, menghendaki adanya hal-hal yg mudah dimengerti, mudah dihapal atau mudah tertanam di dalam pikiran seseorang.
5.    Prinsip ulangan, menghendaki hal-hal yg perlu di ulang-ulang, agar permasalahan mudah di pahami dan mudah diingat.
6.    Prinsip kegunaan, prinsip komunikasi ini membicarakan hal-hal yg banyak kegunaannya atau manfaatnya, baik utk kepentingan perusahaan maupun utk kepentingan karyawan

Pilihlah satu jawaban di bawah ini !
1.    Komunikasi yg terjadi antara pimpinan dengan  bawahan disebut dengan  komunikasi ………….
a.    Vertical     b. horizontal  c. diagonal    d. pentagonal           e. heksagonal
2.    Komunikasi vertical dan horizontal disebut komunikasi …..
a.    Satu arah                        b. dua arah    c. tiga arah    d. segala arah   e. timbalbalik
3.    Di bawah ini yang bukan contoh komuniasi bermedia massa adalah ….
a.    Televise                                       d.  radio
b.    Surat kabar                                 e.  majalah
c.    telegram
4.    komunikasi yang dilakukan secara berhadap-hadapan disebut komunikasi…
a.    langsung             b. tak langsung        c. vertical       d. horizontal
d.    diagonal
5.    Bila komunikasi di lakukan jarak jauh, maka komunikasi harus menggunakan.
a.    Perantara               b. media      c. pesan   d. informasi yg baik  e. coordinator pesn
6.    Pesan yang disampaikan menyebabkan komunikan menjadi mengerti atau tahu, berarti menimbulkan ……..
a.    Efek positif                                  d. efek afektif
b.    Efek kognitif                                e. efek behavioral
c.    Efek negatif
7.    Pesan yang disampaikan membuat komunikan tergerak hatinya sehingga menimbulkan perasaan tertentu, berarti menimbulkan……
a.    Efek positif                      c. efek psikomotorik             e. efek humanisme
b.    Efek afektif                      d. efek behavioral
8.    Dalam proses komunikasi terdapat proses penerimaan pesan yang disebut…
a.    Encoding                         d.  decoplus
b.    Encode                            e. messaging
c.    dekode
9.    pengantar pesan dalam komunikasi di sebut ………..
a.    komunikator                    d. dekode
b.    komunikan                      e. message
c.    enkode
10. komunikasi merupakan proses penyampaian ide dan berita ke suatu tujuan serta menimbulkan reaksi……
a.    umpan balik                                d.  sepaham
b.    positif                                           e.  bersama
c.    bervariasi

PERTANYAAN !
1.     Sebutkan 4 (empat) langkah –langkah proses komunikasi ?
2.    Sebutkan 3 (tiga) efek yang ditimbulkan ketika komunikasi berlangsung?
3.    Sebutkan 3 (tiga) teknik-teknik komunikasi yang efektif di dalam perusahaan?
4.    Sebutkan 4 (empat) alat-alat peraga yang dipergunakan di dalam berkomunikasi efektif ?
5.    Komunikasi horizontal adalah ………..

URAIAN
1.    Jelaskan proses komunikasi menggunakan media !
2.    Jelaskan yang dimaksud dengan proses komunikasi!
3.    Jelaskan yang dimaksud dengan efek kognitif dalam komunikasi !
4.    Contoh komunikasi bermedia massa adalah………….
5.    Encoding adalah ……….

                                    ………………………………..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar