Rabu, 22 Desember 2010

Spektrum



PEMETAAN KOMPETENSI KEJURUAN

A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan Administrasi Perkantoran
1.1 Mendeskripsikan administrasi perkan
toran
1.2 Mendeskripsikan fungsi pekerjaan
Kantor dalam organisasi
1.3 Mengidentifikasi pekerjaan kantor
1.4 Mengidentifikasi sarana dan prasarana
administrasi perkantoran
1.5 Mengidentifikasi persyaratan personil
administrasi perkantoran
2. Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
2.1 Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2 Menerima dan menyampaikan informasi
2.3 Memilih media komunikasi
2.4 Melakukan komunikasi melalui telepon
3. Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
3.1 Mendeskripsikan kerjasama dengan
kolega dan pelanggan
3.2 Menyediakan bantuan kepada pelanggan
di dalam dan di luar
Organisasi
3.3 Memelihara standar penampilan
Pribadi
3.4 Menerapkan bekerja dalam tim
4. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan Kerja (K3)
4.1 Menerapkan prosedur keamanan
Keselamatan dan kesehatan kerja
(K3)           
4.2 Melaaksanakan tindakan darurat/
Emergency
4.3 Menerapkan standar keamanan
Penampilan pribadi
4.4 Memberikan umpan balik menge
Nai keamanan, keselamatan dan
Kesehatan kerja (K3)
B. KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Mengelola peralatan Kantor
1.1 Melakukan prosedur pengadaan
Peralatan kantor
1.2 Menggunakan peralatan kantor
1.3 Memelihara peralatan kantor
2. Memberikan pela
Yanan kepada pe
Langgan
2.1 Mendeskripsikan pelayanan prima
2.2 Mengidentifikasi pelanggan dan
Kebutuhan
2.3 Memberikan pelayanan kepada
pelanggan
3. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
3.1 Mendeskripsikan aplikasi perangkat
lunak
3.2 Mengoperasikan aplikasi perangkat
lunak dalam mengolah dokumen/
/naskah
4. Mengoperasikan aplikasi presentasi
4.1 Mendeskripsikan aplikasi presentasi
4.2 Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi
5. Melakukan prosedur administrasi
5.1 Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
5.2 Melakukan surat menyurat
5.3 Menata dokumen
6. Menangani penggandaan dokumen
6.1 Memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai
6.2 Melakukan penggandaan dokumen
6.3 Mendistribusikan dokumen
7. Menangani surat/dokumen kantor
7.1 Mengidentifikasi jenis-jenis surat/dokumen
7.2 Memproses surat/dokumen
7.3 Mendistribusikan surat/dokumen
7.4 Memproses e-mail
8. Mengelola system kearsipan
8.1 Menentukan system kearsipan
8.2 Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan
8.3 Mengimplementasikan system kearsipan
8.4 Memelihara system kearsipan
9. Membuat dokumen
9.1 Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen
9.2 Memastikan kebutuhan dokumen
9.3 Membuat dokumen
9.4 Memproduksi dokumen
10. Memprosen Perjalanan Bisnis
10.1 Mendiskripsikan perjalanan bisnis
10.2 Melaksanakan penanganan perjalanan
Bisnis
11. Mengelola Pertemuan/rapat
11.1 Mempersiapkan pertemuan/ rapat
11.2 Menyelenggarakan pertemuan/rapat
11.3 Membuat catatan hasil pertemuan/
rapat
11.4 Membuat catatan hasil pertemuan/
rapat
11.5 Mendistribusikan hasil pertemuan/
Rapat
12. Mengelola dana kas kecil
12.1 Mempersiapkan administrasi kas kecil
12.2 Membukukan mutasi dan selisih dana
kas kecil
12.3 Mendokumentasikan bukti-bukti
Kas kecil
13. Mengelola data dan informasi ditempat kerja
13.1 Mengumpulkan data/informasi
13.2 Melakukan pengolahan data/informasi
14. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja
14.1 Melaksanakan tata persuratan dan
kearsipan
14.2 Melakdanakan administrasi kepegawai
an/ketenagaan
14.3 Melaksanakan administrasi keuangan
14.4 Melaksanakan administrasi sarana dan
Prasarana

Sabtu, 18 Desember 2010

RPP Produktif AP SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produktif  Adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  1-2
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Pengertian administrasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi


V. Materi Pokok/Uraian
1. Administrasi

VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi







VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





Ahmad syarifudin                                                                    Sa’diyah
NIP.
Top of Form








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi Adm. Perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  3-4 dan 5
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Pengertian administrasi dijelaskan dengan benar
2. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi

V. Materi Pokok/Uraian
1. Administrasi
2. Unsur-unsur administrasi

VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi







VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian administrasi
Jelaskan unsure-unsur administrasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?




Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





Ahmad syarifudin                                                                    Sa’diyah
NIP.
Top of Form






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi  adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  6,7 dan 8
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar
2. Pengertian organisasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian organisasi

V. Materi Pokok/Uraian
1. Unsur- unsur Administrasi
2. Organisasi


VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi



VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan unsure-unsur administrasi
Jelaskan pengertian organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan
3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan pengertian organisasi ?




Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat






A.   Syafrudin M.Pd                                                    Sa’diyah Waliyana








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produksi  adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  9, 10 dan  11,12
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Unsur-unsur administrasi dijelaskan dengan benar
2. Pengertian organisasi dijelaskan dengan benar
3. Unsur-unsur organisasi dijelaskan dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengertian administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan unsur-unsur administrasi
3.Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian organisasi

V. Materi Pokok/Uraian
1.  Unsur-unsur Administrasi
2.  Pengertian organisasi
3. Unsur-unsur organisasi





VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian organisasi
Jelaskan unsure-unsur organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan


3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan pengertian organisasi ?
4. Jelaskan unsure-unsur organisasi?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat





A.   Syarifudin M.Pd                                                   Sa’diyah W




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
--------------------------------------------------------------------

Nama Sekolah             :  SMK  ASSALAMAH
Mata Diklat                 :  Produktif adm. perkantoran
Kelas                           :  X (sepuluh)
Pertemuan                   :  13, 14  dan  15, 16
Alokasi waktu             :  2 X Pertemuan
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011

--------------------------------------------------------------------------------------------------- 

I. Standar Kompetensi :
Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

II. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan administrasi perkantoran

III.Indikator
1. Penggolongan administrasi
2. Pengertian administrasi perkantoran


IV. Tujuan Pembelajaran
1.Peserta diklat dapat menjelaskan Pengolongan administrasi
2. Peserta diklat dapat menjelaskan pengertian adm. Perkantoran




V. Materi Pokok/Uraian
1.Penggolongan  Administrasi
2. Pengertian administrasi perkantoran



VI.Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi,diskusi, demonstrasi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan awal
Menjelaskan kompetensi pada kompetensi keahlian administrasi  perkantoran
Menjelaskan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
    1) Guru membagi siswa dalam kelompok
    2) Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
   3)siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Jelaskan pengertian organisasi
Jelaskan unsure-unsur organisasi

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya  dan    ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
C.Kegiatan Akhir
               1) Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
               2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang
               3) Post test (kuis)
Pertemuan 2
          A. Kegiatan awal
Mengingatkan kembali tentang materi pertemuan yang lalu
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan pre test
B.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa dalam kelompok
2)Guru membagikan pertanyaan kepada tiap kelompok untuk   didiskusikan


3) siswa mendiskusikan persoalan yang dibagikan oleh guru, yaitu :

Penggolongan administrasi
Pengertian Administrasi Perkantoran

4) Satu Kelompok mempresentasekan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5) Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

C.Kegiatan Akhir
1)Mengumpulkan tugas kelompok hasil diskusi
2) Guru Menginformasikan materi pertemuan yang akan datang

VIII.Alat dan Sumber
Alat Bantu
1.Peta Konsep/Chart
   Sumber Belajar
   Buku Pengantar manajemen dan administrasi perkantoran yang relevan

IX. Penilaian
1.Jelaskan Pengertian Administrasi ?
2. Jelaskan Unsur-unsur administrasi ?
3. Jelaskan Pengertian organisasi ?
3. Tuliskan penggolongan administrasi ?
4. Jelaskan pengertian administrasi perkantoran ?



Depok,  Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Diklat




A.   Syafrudin M.Pd                                                    Sa’diyah